Faktor Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Irman fsp | faktor yang dapat mempengaruhi semangat kerja karyawan | Seorang karyawan yang bekerja pada perusahaan mengharapkan sesuatu dari perusahaan tersebut. Sesuatu yang diharapkan karyawan bukan hanya sekedar upah dan gaji, tetapi juga hal-hal yang dapat memberikan jaminan kepada karyawan tersebut tentang semua kesinambungan pekerjaan dan karirnya. tercapainya harapan karyawan tersebut akan meningkatkan semangat kerja karyawan.

Semangat kerja karyawan menunjukkan sejauh mana karyawan bergairah dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya didalam perusahaan. Semangat kerja karyawan dapat dilihat dari kehadiran, kedisiplinan, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, gairah kerja dan tanggung jawab (Siagian, 2003: 57).

pengaruh motivasi kerja pada karyawan

Semangat kerja merupakan sikap emosional yang menyenangkan dan mencintai pekerjaannya. Sikap ini dicerminkan oleh moral kerja, kedisiplinan dan prestasi kerja. Banyak faktor yang mempengaruhi semangat kerja diantaranya sistem pengupahan, kondisi kerja, insentif produksi, pendidikan, komunikasi dan lain sebagainya. Penghargaan serta penggunaan motivasi yang tepat akan menimbulkan atau mengakibatkan semangat kerja yang lebih tinggi.


Faktor komunikasi merupakan salah satu pembangkit semangat kerja pada karyawan yang ada. Berikut menurut ahli faktor yang bisa berpengaruh pada semangat kerja karyawan yakni sebagai berikut:

Ada 5 (lima) faktor yang menimbulkan semangat kerja, yaitu (As’ad, 2003)
  1. Kedudukan (posisi)
  2. Pangkat (golongan)
  3. Umur
  4. Jaminan finansial dan jaminan sosial.
  5. Mutu pengawasan

Ada 6 (enam) faktor yang mempengaruhi semangat kerja, yaitu (Loteiner dan Tohardi, 2002):
  1. Kebanggaan atau kecintaan pekerja pada pekerjaannya dan kepuasan dalam menjalankan pekerjaan dengan baik.
  2. Sikap terhadap pimpinan.
  3. Hasrat untuk maju.
  4. Perasaan telah diperlukan dengan baik.
  5. Kemampuan untuk bergaul dengan teman sekerjanya.
  6. Kesadaran akan tanggung jawab terhadap penyelesaian pekerjaannya.

Demikian materi faktor yang dapat mempengarui semangat kerja pada karyawan dalam sebuah perusahaan. Bila bermanfaat informasi yang kami sajikan, maka dipersilahkan informasi ini dibagikan saja ke kawan yang lain agar kawan kawan lain mendapatkan juga informasi yang bermanfaat. Baca juga informasi mengenai materi kampus pada Irman fsp ini di artikel lainnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua

0 Response to "Faktor Faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel