Analisis Penerapan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan

Irman fsp | Manajemen merupakan kemampuan seseorang menejer yang di landasi oleh ilmu pengetahuan dan seni memperoleh hasil kerja  sama dengan orang lain. Perlunya ilmu pengetahuan dan manajemen karena dalam prosesnya melibatkan pemikiran-pemikiran kognitif untuk menilai objeknya dengan benar atau salah. Pentingnya seni dalam manajemen karena dalam prosesnya melibatkan kegiatan emosional untuk menilai objek dengan baik atau buruk.

Analisis penerapan manajemen pimpinan

Bila dilihat dari peran manajemen; maka jelas dalam proses manajemen diperlukan sumber daya manusia yang handal tanpa adanya sumber daya manusia yang handal maka proses manajer akan terlambat. Manajemen tidak dapat berfungsi tanpa ilmu pengetahuan dan seni, kedua faktor ini menunjukkan perlunya sumber daya manusia sebagai mana telah di uraikan di atas bahwa keberhasilan atau mutu pendidikan sangat ditentukan oleh pengelola manajemen yang baik.

Maka peranan manajemen merupakan salah satu faktor  yang paling dominan, .tanpa adanya peranan manajemen yang baik, maka mustahil suatu kegiatan proses peningkatan mutu pendidikan dan prestasi siswa dapat tercapai dengan baik.

Adapun tugas-tugas kepala sekolah yang dapat Anda ketahui bahwa sebagai berikut;
  1. Membuat perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Pengarahan, dan
  4. Pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pencapaian tujuan sekolah.

Sekolah merupakan suatu badan atau lembaga yang bergerak dalam jasa pendidikan yang dalam pelaksanaan kegiatannya banyak melibatkan orang-orang baik sebagai tenaga pendidik, tenaga administrasi, peserta didik, sehingga diperlukan penerapan manajemen yang handal.


Sebagaimana suatu badan atau lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan maka peningkatan mutu pendidikan dan prestasi siswa merupakan hal yang perlu diperhatikan ,untuk mencapai peningkatan mutu dan prestasi siswa ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah diantara faktor-faktor ini adalah kemampuan dalam penerapan manajemen.

Walaupun sumber daya manusia yang memiliki suatu badan usaha maupun lembaga pendidikan yang baik, tetapi penerapan manajemennya tidak baik ,maka hasil yang dicapai juga kurang memuaskan ,karena manajemen kepala sekolah menyangkut dengan cara mengatur dan segala sesuatu yang mendukung kelancaran kegiatan peningkatan mutu pendidikan maupun prestasi siswa .penerapan manajemen yang baik akan mempengaruhi hasil yang dicapai dari suatu kegiatan .dalam hal inilah pihak sekolah perlu menerapkan manajemen kerja yang baik.

Bila penerapan ataupun pengelolaan manajemen yang dilaksanakan oleh sekolah ,maka akan menimbulkan permasalahan kurangnya mutu pendidikan, serta rendahnya prestasi siswa-siswi .untuk itulah analisis penerapan manajemen diperhatikan oleh pihak pengelola sekolah

0 Response to "Analisis Penerapan Manajemen Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel