Pengertian Komunikasi Massa

Salah satu bentuk komunikasi adalah komunikasi massa, yaitu komunikasi yang menggunakan media massa seperti surat kabar, majalah, radio dan televisi. Massa disini adalah audience yang banyak, luas dan tidak terbatas. Komunikasi massa menurut Severin dan Wright sebagaimana yang dikutip oleh Liliweri dalam bukunya (1991: 36) “Memahami peran komunikasi massa dalam masyarakat” adalah: bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dengan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen dan menimbulkan efek-efek tertentu.

Penjelasan komunikasi massa sebagai materi ilmu komunikasi

Proses penyampaian pesan dalam komunikasi massa memiliki satu unsur yang penting yaitu menggunakan saluran. Saluran atau media ini dipergunakan untuk mengirimkan pesan yang mampu melintasi jarak yang jauh, misalnya: pamplet, brosur, majalah, radio, televisi, poster dan bahkan disaat kemajuan teknologi yang semakin canggih, penyampaian informasi dalam komunikasi massa dapat dilakukan melalui media komputer maupun internet yang aplikasinya menggunakan jaringan telepon serta satelit.


Pengertian Komunikasi Massa Menurut Ahli
Di bawah ini adalah beberapa para ahli yang memberikan pendapat terkait dengan pengertian komunikasi massa dari sumber pustaka yakni, sebagai berikut:

Menurut Bittner, komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa kepada sejumlah orang (Jalaluddin, 1994: 188). Televisi sebagai media komunikasi massa membawa pengaruh dan mengakibatkan perubahan pada audiencenya berupa perubahan sikap dan prilaku.

Menuru Gebner pengertian komunikasi massa yang lebih rinci dikemukakan oleh ahli komunikasi yang lain, yaitu Gebner. Menurut Gerbner (1967) Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat indonesia (rakhmat, seperti yang dikutip Komala, dalam Karnilah, dkk.1999).

Menurut Bittner pengertian komunikasi massa yang paling sederhana dikemukakan oleh Bittner (Rakhmat,seperti yang disitir Komala, dalam karnilh, dkk.1999), yakni: komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (mass communication is messages communicated through a mass medium to a large number of people).

Menurut Meletzke komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secaratidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar (Rakhmat seperti yang dikutip dalam Komala, dalam Karlinah. 1999).

Dan dalam ensiklopedia internasional disebutkan tentang komunikasi massa, yaitu:
“Mass Communication is process by which a message is transmitted through one more of the mass media (Newspaper, radio, television, movies, magazines and books)”. Komunikasi massa adalah proses penyebaran pesan melalui media massa (surat kabar, radio, televisi, film, majalah dan buku-buku) (Onong, 1994: 6).

Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa dalam ilmu komunikasi, komunikasi massa adalah komunikasi yang dilancarkan oleh komunikator (penyiar, presenter, reporter, wartawan, sutradara) melalui media massa (surat kabar, radio, televisi, film, majalah dan buku) yang diterima secara serempak oleh khalayak sasaran dan tujuan menimbulkan efek tertentu kepadanya (komunikan).

Demikian pengertian komunikasi massa yang bisa anda pelajari, penjelasan komunikasi massa sebenarnya pada aertikel sebelumnya juga ada dijelaskan, namun lebih ke penjelasan komunikasi massa atau media massa. Semoga bermanfaat dan berguna untuk pengunjung setia Irman fsp dalam rangka mencari referensi untuk materi ilmu komunikasi.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Massa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel