Apa Itu Komunikasi Berantai

Irman fsp - Komunikasi berantai merupakan pesan yang disampaikan dari komunikator kepada beberapa komunikan atau lebih dari dua komunikan secara bertahap. Artinya, pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan itu tidak secara langsung kepada beberapa komunikan, melainkan pesan yang disampaikan itu hanya kepada satu orang saja, dan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepada komunikan akan disampaikannya lagi kepada komunikan lainnya. Untuk dapat memahami lebih dalam, maka perlu Anda ketahui tentang komunikasi berantai.

pengertian pesan berantai
Komunikasi (pesan) berantai

Misalnya: Ada hal penting yang ingin Anda sampaikan kepada saudara Anda yang jauh keberadaannya dengan tempat yang Anda tinggal, dan hanya satu saudara Anda yang tempat tinggalnya lumayan dekat dengan tempat tinggal Anda saat ini. Maka Anda memberikan pesan penting kepada saudara Anda yang tempat tinggalnya dekat dengan Anda, dengan tujuan pesan yang Anda sampaikan kepada saudara Anda dapat di sampaikan kepada saudara Anda lainnya yang jauh keberadaannya dengan Anda saat ini.

Contoh lain dari komunikasi berantai ini ialah, Anda sebagai komunikator, lalu Anda ada kawan yang katakanlah sepuluh orang. Lalu suruh mereka berdiri atau duduk kurang lebih lima meter yang intinya dapat Anda ketahui kesepuluh kawan Anda tadi, di lokasi terjangkau. Nah, disini Anda sebagai komunikator akan menyampaikan sebuah pesan penting atau pesan biasa kepada salah satu kawan Anda.

Misalnya pesan yang ingin Anda sampaikan kepada kawan Anda "Tolong datang secepatnya ke sekolah besok, karena ada tugas". Lalu pesan yang Anda sampaikan kepada kawan Anda tadi, suruh dia menyampaikan lagi pesan yang Anda sampaikan tadi kepada kawan yang lain, sehingga pesan itu dapat tersampaikan ke semua kawan yang sudah Anda kumpulkan tadi.


Itulah yang dimaksud dengan komunikasi berantai. Lalu apa pentingnya komunikasi berantai ini di lingkungan kita. Ya, sangatlah penting untuk Anda ketahui bahwa memahami komunikasi itu penting, apa lagi komunikasi berantai. Jauh lebih penting dari apa yang sudah saya jelaskan mengenai komunikasi berantai ini, yakni bagaimana pesan yang kita sampaikan itu efektif dan dapat tersampaikan serta mudah dipahami oleh komunikan itu sendiri.

Komunikasi itu mudah, dan cepat kita pahami, lalu apakah komunikasi yang Anda sampaikan itu efektif atau tidak, itu yang harus Anda pikirkan dua kali. Jangan merasa latar belakang Anda Komunikasi Anda lalu Anda bangga dengan cara penyampaian Anda, yang harus Anda banggakan selaku alumni komunikasi, bahwa komunikasi Anda itu sopan, menghargai orang lain, serta bagaimana proses komunikasi itu tersampaikan secara baik dan benar. Itu baru dapat Anda banggakan dengan ilmu yang sudah Anda pelajari.

0 Response to "Apa Itu Komunikasi Berantai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel