Budaya Kerja dalam Organisasi

Irman fsp - Budaya Kerja merupakan suatu falsafah yang didasari oleh  pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi, kemudian tercermin dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai "kerja" atau "bekerja" Budaya Kerja organisasi adalah manajemen yang meliputi pengembangan, perencanaan, produksi dan pelayanan suatu produk yang berkualitas dalam arti optimal, ekonomi dan memuaskan (Guno, Supriady, 2006:8).

budaya dalam organisasi

Budaya kerja organisasi merupakan manajemen yang meliputi pengembangan, perencanaan, produksi dan pelayanan suatu produk yang berkualitas dalam arti optimal, ekonomi dan memuaskan (Guno., Supriady, 2006: 8-9). Dapat disimpulkan bahwa budaya kerja pada suatu organisasi merupakan cara mereka yang sudah terbiasa dengan hal hal apa yang diterapkan pada organisasi. Bahkan dapat dikatakan kebiasaan yang dilakukan dalam suatu organisasi yang sesuai dengan peraturan yang ada. Mungkin ini juga berbeda dengan organisasi satu sama lainnya.

Menurut Budi Paramita Budaya Kerja dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni (Ndraha, 2005: 108):
  1. Sikap terhadap pekerjaan, yakni kesukaan akan kerja dibandingkan dengan kegiatan lain seperti bersantai, atau semata-mata memperoleh kepuasan dari kesibukan pekerjaannya sendiri, atau merasa terpaksa melakukan sesuatu hanya untuk kelangsungan hidupnya.
  2. Perilaku pada waktu bekerja seperti rajin, berdedikasi, bertanggung jawab, berhati-hati, teliti, cermat, kemauan yang kuat untuk mempelajari tugas dan kewajibannya, suka membantu sesama karyawan, atau sebaliknya.

Pengertian Budaya Organisasi
Budaya telah menjadi konsep penting dalam memahami masyarakat dan kelompok manusia untuk waktu yang panjang. Budaya dalam arti antropologi dan sejarah adalah inti dari kelompok atau masyarakat yang berada mengenai cara para anggotanya saling berinteraksi dengan orang luar serta bagaimana mereka menyelesaikan apa yang dilakukannya (Rivai, 2004: 431).


Budaya Organisasi memiliki definisi sebagai nilai-nilai dominan yang didukung oleh organisasi atau falsafah yang menuntun kebijaksanaan organisasi terhadap pegawai dan pelanggan, atau cara pekerjaan dilakukan di tempat kerja, atau asumsi dan kepercayaan dasar yang terdapat di antara anggota organisasi (Sucipto, 2008: 141).

Budaya Organisasi ini terkadang mengharuskan anda untuk menyesuaika diri dengan lingkungan organisasi yang baru anda kenal atau bergabung. Tujuannya adalah untuk mudah memahami prinsip budaya yang diterapkan pada organisasi tersebut. Maka dengan itu, mungkin ini juga sudah pernah saya jelaskan mengenai pentingnya komunikasi antar budaya dalam sebuah organisasi. Dengan memahami komunikasi antar budaya, maka sangatlah mudah bagi anda untuk dapat berinteraksi dengan budaya organisasi yang ada.

Kepuasan Komunikasi Organisasi
Yang dimaksud dengan istilah kepuasan komunikasi organisasi menurut Redding adalah semua tingkat kepuasan seseorang karyawan mempersepsi lingkungan komunikasi secara keseluruhan. Kepuasan komunikasi merupakan suatu fungsi dari apa yang seorang dapatkan dengan apa yang dia harapkan. Kepuasan komunikasi tidaklah terikat kepada konsepsi efektivitas pesan (Arni, 2009: 87-88).

Hubungan komunikasi dengan semangat kerja secara sederhana dapat dideskripsikan bahwa, semakin baik komunikasi maka akan semakin tinggi semangat kerja karyawan pada perusahaan. Dengan bantuan komunikasi, perkerjaan karyawan dalam perusahaan akan meningkat dalam arti kata dengan semangat kerja yang tinggi karyawan lebih semangat dalam menyelesaikan tugas dan perkerjaan.

Tidak anda sadari bahwa penjelasan di atas sangat berhubungan antara komunikasi antar budaya dan budaya kerja dalam sebuah organisasi serta kepuasan komunikasi dalam sebuah organisasi. Mengapa demikian? Ini karena pada saat anda masuk pada sebuah organisasi atau bekerja pada salah satu perusahaan, maka anda akan mengetahuinya seberapa penting komunikasi antar budaya pada saat anda bekerja. Ini juga tidak terlepas pada budaya kerja di sebuah perusahaan atau organisasian.

0 Response to "Budaya Kerja dalam Organisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel