Iklim Komunikasi Organisasi dan Iklim Komunikasi

Irman fsp - Iklim komunikasi dan organisasi merupakan hal yang perlu menjadi perhatian seorang pimpinan organisasi karena faktor tersebut sedikit banyaknya ikut mempengaruhi kepada tingkah laku karyawan. Untuk dapat menciptakan iklim komunikasi dan organisasi yang baik perlu memahami kedua hal tersebut serta keadaan karyawan (Arni, 2009: 82).

Iklim Organisasi
Bermacam definisi dikemukakan dalam literatur mengenai iklim organisasi di antaranya seperti apa yang dikemukakan oleh Tagiuri. Iklim organisasi adalah kualitas yang relatif abadi dari lingkungan internal organisasi yang dialami oleh anggota-anggotanya, mempengaruhi tingkah laku mereka serta dapat diuraikan dalam istilah nilai-nilai suatu set karakteristik tertentu dari lingkungan (Arni, 2009: 82).

Iklim Komunikasi
Poto: emaze.com

Payne dan Pugh mendefinisikan iklim organisasi sebagai suatu konsep yang merefleksikan isi dan kekuatan dari nilai-nilai umum, norma, sikap, tingkah laku dan perasaan anggota terhadap suatu sistem sosial. Selanjutnya Litwin dan Stringers memberikan dimensi iklim organisasi sebagai berikut (Arni, 2009: 82):
  1. Rasa tanggung jawab.
  2. Standar atau harapan tentang kualitas pekerjaan.
  3. Ganjaran atau reward.
  4. Rasa persaudaraan.
  5. Semangat tim.


Iklim Komunikasi
Ada hubungan yang sirkuler antara iklim organisasi dengan iklim komunikasi. Tingkah laku komunikasi mengarahkan pada perkembangan iklim, di antaranya iklim organisasi. Iklim komunikasi yang penuh persaudaraan mendorong para anggota organisasi berkomunikasi secara terbuka, rileks, ramah tamah dengan anggota yang lain. Sedangkan iklim yang negatif menjadikan anggota tidak berani berkomunikasi secara terbuka dan penuh rasa persaudaraan (Arni, 2009: 85).

Penelitian yang dilakukan Redding menunjukkan bahwa iklim komunikasi lebih luas dari persepsi karyawan terhadap kualitas hubungan dan komunikasi dalam organisasi serta tingkat pengaruh dan keterlibatan. Redding mengemukakan lima dimensi penting dari iklim komunikasi tersebut (Arni, 2009: 85):
  1. “Supportiveness”, atau bawahan mengamati bahwa hubungan komunikasi mereka dengan atasan membantu mereka membangun dan menjaga perasaan diri berharga dan penting.
  2. Partisipasi membuat keputusan.
  3. Kepercayaan, dapat dipercaya dan dapat menyimpan rahasia.
  4. Keterbukaan dan keterusterangan.
  5. Tujuan kinerja yang tinggi, pada tingkat mana tujuan kinerja dikomunikasikan dengan jelas kepada anggota organisasi.

Demikian penjelasan terkait iklim organisasi dan iklim komunikasi sebagaimana dijelaskan di atas. Semoga dengan adanya penjelasan pengertian iklim organisasi dan komunikasi dapat mempermudah bagi anda yang sedang mencari bahan perkuliahan

0 Response to "Iklim Komunikasi Organisasi dan Iklim Komunikasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel