Konsep Dasar Komunikasi Antar Budaya

Irman fsp - Pada dasarnya, antara komunikasi dan kebudayaan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pusat perhatian komunikasi dan kebudayaan itu terletak pada variasi langkah dan cara serta metode manusia berkomunikasi melintasi komunitas manusia atau kelompok sosial, bagaimana menjajaki makna, model tindakan dan bagaimana makna serta model ‐ model itu diartikulasi sebuah kelompok sosial yang melibatkan interaksi antar manusia.

komunikasi antar budaya
Konsep dasar kombud

Dari penjelasan tersebut, berikut beberapa pendapat ahli tentang definisi komunikasi antar budaya, yaitu :
  1. McLuhan menyatakan bahwa dunia saat ini telah menjadi “Global Village” yang mana kita mengetahui orang dan peristiwa yang terjadi di negara lain hampir sama seperti layaknya seorang warga negara dalam sebuah desa kecil yang menjadi tetangga negara-negara lainnya. Perubahan sosial adalah hal lain yang berpengaruh dalam komunikasi antar budaya yaitu dengan makin banyaknya perayaan-perayaaan budaya sebuah etnis dalam sebuah negara.
    Perbedaan budaya dalam sebuah negara menciptakan keanekaragaman pengalaman, nilai, dan cara memandang dunia.Keanekaragaman tersebut menciptakan pola-pola komunikasi yang sama di antara anggota-anggota yang memiliki latar belakang sama dan mempengaruhi komunikasi di antara anggota-anggota daerah dan etnis yang berbeda.
    Perusahaan-perusahaan yang memiliki cabangnya di luar negeri, tentunya merupakan syarat mutlak bagi para karyawannya untuk memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai situasi dan kondisi budaya yang akan dihadapinya (inter cultural competence), salah-salah jika mereka gagal berkomunikasi dengan budaya yang dihadapinya, perusahaan hanya akan bertahan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.
  2. Gudykunst and Kim mengkonsepkan fenomena komunikasi antar budaya sebagai “sebuah transaksional, proses simbolik yang mencakup pertalian antar individu dari latar belakang budaya yang berbeda.” Kata kuncinya adalah proses. Komunikasi antar budaya seharusnya dapat dipandang dan dianalisis sebagai sebuah proses yang kompleks, bukan sekedar sebuah pertemuan.
  3. Damen mendefinisikan komunikasi antar budaya sebagai “Tindakan-tindakan komunikasi yang dilakukan oleh individu-individu yang di identifikasikan dengan kelompok-kelompok yang menampilkan variasi antar kelompok dalam bentuk pertukaran sosial dan budaya”. Pertukaran bentuk, ekspresi individu, adalah variabel-variabel utama dalam tujuan,tata kerama, cara, dan arti-arti yang mana proses komunikatif memberikan efek.
  4. Lustig and Koester‟s menyatakan, komunikasi antar budaya adalah sebuah “Proses simbolik yang mana orang dari dari budaya-budaya yang berbeda menciptakan pertukaran arti-arti”. Hal tersebut terjadi ketika perbedaan perbedaan budaya yang besar dan penting menciptakan interpretasi dan harapan-harapan yang tidak sama mengenai bagaimana berkomunikasi secara baik.
  5. Jandt mengatakan komunikasi antar budaya tidak hanya komunikasi antar individu tapi juga di antara “Kelompok-kelompok dengan identifikasi budaya yang tersebar”. Ringkasnya, komunikasi antar budaya menjelaskan interaksi antar individu dan kelompok-kelompok yang memiliki persepsi yang berbeda dalam perilaku komunikasi dan perbedaan dalam interpretasi.


Dari beberapa pendapat ahli tentang definisi komunikasi antar budaya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa definisi komunikasi antar budaya, yakni sebagai berikut:
  1. Komunikasi antar budaya adalah komunikasi antara orang ‐ orang yang berbeda kebudayaannya, misalnya antar suku bangsa, antar etnik,ras dan kelas sosial.
  2. Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang terjadi antara produsen pesan dan penerima pesan yang latar belakang kebudayaannya berbeda.
  3. Komunikasi antar budaya adalah komunikasi yang melibatkan peserta komunikasi yang mewakili pribadi, antarpribadi atau kelompok, dengan tekanan pada perbedaan latar belakang kebudayaan yang mempengaruhi perilaku komunikasi para peserta.

Pentingnya Komunikasi Antar Budaya
Menurut Gudykunst dan Kim sekarang ini komunikasi antar budaya semakin penting dan semakin vital di banding masa-masa sebelum ini.Beberapa faktor yang menyebabkan pentingnya komunikasi antar budaya, yaitu:

  1. Mobilitas Mobilitas masyarakat di seluruh dunia sedang mencapai puncaknya.Perjalanan dari satu negara ke negara lain dan dari satu benua ke benua  lain banyak dilakukan.  Saat ini orang sering kali mengunjungi budaya-budaya lain untuk mengenal daerah baru dan orang-orang yang berbeda serta untuk menggali peluang-peluang ekonomis.
  2. Saling ketergantungan ekonomi masa kini, kebanyakan negara secara ekonomis bergantung pada negara lain. Kehidupan ekonomi suatu bangsa akan bergantung pada kemampuan bangsanya untuk berkomunikasi secara efektif dengan kultur-kultur yang berbeda dari bangsa lain yang lebih maju.

Tujuan dan Alasan Mempelajari Komunikasi Antar Budaya
Ada beberapa tujuan dan manfaat yang kita peroleh setelah mempelajari komunikasi antar budaya, yaitu:
  1. Memahami perbedaan budaya yang mempengaruhi praktik komunikasi.
  2. Antar orang yang berbeda budaya.
  3. Mengidentifikasikan kesulitan-kesulitan yang muncul dalam komunikasi.
  4. Membantu mengatasi masalah komunikasi yang disebabkan oleh perbedaan budaya.
  5. Meningkatan ketrampilan verbal dan non verbal dalam komunikasi.
  6. Menjadikan kita mampu berkomunikasi secara efektif. Adapun beberapa alasan mengapa kita perlu mempelajari komunikasi antar budaya, antara lain: 1. Membuka diri memperluas pergaulan; 2. Meningkatkan kesadaran diri; 3. Mengenal Etika/etis; 4. Mendorong perdamaian dan meredam konflik antarbudaya; 5. Demografis; 6. Kegiatan ekonomi; 7. Menghadapi teknologi komunikasi; 8. Menghadapi era globalisasi.

0 Response to "Konsep Dasar Komunikasi Antar Budaya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel