Pengertian Komunikasi Kelompok

Irman fsp | Pengertian komunikasi kelompok ada yang berpendapat sebagai interaksi secara tatap muka antara tiga orang atau lebih, dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, menjaga diri, pemecahan masalah, yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota-anggota yang lain secara tepat (Michael Burgoon (dalam Wiryanto: 2005).

Komunikasi kelompok adalah komunikasi yang berlangsung antara beberapa orang dalam sebuah kelompok, atau proses terjadinya interaksi lebih dari dua bahkan tiga individu. Komunikasi yang berlangsung sudah lebih dari tiga orang, dan terjadi penyampaian informasi yang tidak terstruktur, maka dapat disebut komunikasi kelompok. Misalnya rapat kecil, pertemuan biasa, atau proses interaksi yang terjadi di warung kopi.

Komunikasi kelompok
Poto: Juragancipir.com

Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana: 2005). Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam komunikasi kelompok, juga melibatkan komunikasi antarpribadi. Karena itu kebanyakan teori komunikasi antarpribadi berlaku juga bagi komunikasi kelompok.


Dan B. Curtis, James J.Floyd, dan Jerril L. Winsor (2005: 149) menyatakan komunikasi kelompok terjadi ketika tiga orang atau lebih bertatap muka, biasanya di bawah pengarahan seorang pemimpin untuk mencapai tujuan atau sasaran bersama dan mempengaruhi satu sama lain. Lebih mendalam ketiga ilmuwan tersebut menjabarkan sifat-sifat komunikasi kelompok sebagai berikut:
  1. Kelompok berkomunikasi melalui tatap muka;
  2. Kelompok memiliki sedikit partisipan;
  3. Kelompok bekerja di bawah arahan seseorang pemimpin;
  4. Kelompok membagi tujuan atau sasaran bersama;
  5. Anggota kelompok memiliki pengaruh atas satu sama lain.

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai pengertian komunikasi kelompok menurut ahli, dapat di simpulkan bahwa komunikasi kelompok proses penyampaian pesan atau informasi dalam kelompok. Komunikasi ini hampir sama dengan komunikasi organisasi, namun yang membedakannya adalah komunikasi organisasi terstruktur seperti memiliki ketua, sekretaris, anggota dan sebagainya.

Namun komunikasi kelompok hanya terjadi pada tiga atau lebih individu yang berkomunikasi atau berdiskusi yang sama sekali tidak terstruktur. Komunikasi kelompok biasa terjadi pada individu yang sering berkumpul pada suatu tempat dan tidak merencanakan bahkan dapat direncanakan.

Nah, komunikasi kelompok juga hampir bersamaan dengan komunikasi antar pribadi dimana proses penyampaian pesan secara tatap muka. Dan ini juga demikian, hanya yang membedakan komunikasi antar pribadi dengan kelompok sudah melebihi dari dua atau lebih individu yang berinteraksi. Itulah yang dinamakan komunikasi kelompok.

Pada dasarnya komunikasi itu sama sama menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak kepada pilah lainnya sehingga dapat merubah sikap keduanya. Komunikasi pun mudah terjadi di setiap saat baik itu sendiri, kelompok, publik, bahkan organisasi. Demikian informasi mengenai pengertian komunikasi kelompok dari Irman fsp. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Dan bila artikel bermanfaat silahkan dibagikan ke yang lain agar teman kita yang lain dapat memahami apa itu komunikasi khususnya pengertian komunikasi kelompok.

Referensi:
Arifin, Anwar, 1984, Strategi Komunikasi: Suatu Pengantar Ringkas, Bandung: Armico.
Curtis, Dan B., Floyd, James J., Winsor, Jerry L., 2005, Komunikasi Bisnis dan Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

0 Response to "Pengertian Komunikasi Kelompok"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel