Pentingnya Komunikasi Antar Budaya Dalam Organisasi

Irman fsp - Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok yang diwariskan secara turun menurun oleh generasi generasinya. Budaya terbentuk berbagai unsur yang kompleks, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan dan karya seni. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang orang yang berbeda budaya maka menyesuaikan perbedaan perbedaannya, ini membuktikan bahwa budaya itu penting untuk dipelajari.

Komunikasi antar budaya merupakan komunikasi yang terjadi di antara orang-orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda (bisa beda ras, etnik, atau sosial ekonomi, atau gabungan dari semua perbedaan ini). Seperti yang kita ketahui bahwa budaya mempengaruhi cara seseorang berkomunikasi. Budaya bertanggung jawab atas seluruh aspek komunikasi yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok, baik secara verbal maupun non verbal. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.

komunikasi dan budaya sangat penting dalam organisasi
budaya dalam organisasi

Melville J.Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

Menurut Andreas Eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma social, ilmu pengetahuan  serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Komunikasi Dalam Organisasi Berbeda Budaya
Komunikasi dalam organisasi sangat erat hubungannya dengan komunikasi antar budaya, mengapa? Karena dalam sebuah organisasi terdapat individu individu yang berbeda budaya, apa lagi organisasi tingkat nasional yang pastinya anggotanya banyak yang berbeda wilayah tempat asal. Nah disini, bagi anda yang ingin aktif dalam sebuah organisasi, maka anda harus menguasai komunikasi antar budaya guna untuk dapat sepaham dan seirama. Mungkin ada yang berfikir, bahwa komunikasi yang efektif hanya sebatas penyampaian informasi, ide, gagasan dan sebagainya kepada penerima atau komunikan. Namun bila anda kurang paham dengan budaya orang lain malah bisa bisa kebalikan.


Dalam sebuah organisasi maka sangatlah penting membangun komunikasi yang baik antara sesama pengurus organisasi. Dalam organisasi juga terdapat pengurus yang berbeda budaya dengan pengurus lainnya. Bila anda tidak mengenal budaya dalam berkomunikasi maka akan terjadi yang tidak inginkan, seperti salah paham. Untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi maka anda harus memahami budaya orang lain supaya tidak terjadi salah paham.

Komunikasi dalam organisasi mungkin mengenal budaya itu penting. Tujuannya agar tidak terjadi salah paham dalam organisasi. Mungkin bagi anda yang berkecimpung dalam organisasi satu daerah maka komunikasi antar budaya kurang berperan, namun bagi anda yang aktif dalam organisasi yang terdapat anggotanya berbeda daerah satu sama lain, maka komunikasi antar budaya penting anda pelajari.

Contoh yang membedakan budaya dalam berkomunikasi misalnya orang indonesia dengan india dalam meng iyakan pendapat orang. Orang Indonesia meng iyakan pendapat orang dengan cara menggangguk anggukkan kepala, ini jelas berbeda dengan orang India, mereka meng iyakan pendapat orang dengan cara menggeleng gelengkan kepala, dan ini juga terjadi pada negara Afrika sebagian.

Nah, dalam hal ini coba anda bayangkan bila anda menjumpai orang yang sangat jauh perbedaan budaya dengan anda. Sementara anda ingin mengetahui alamat rumah seseorang. Misalnya, anda menanyakan alamat jalan rumah pada orang yang berbeda budaya dengan anda, misalnya “Pak atau Buk benarkah ini alamat rumah Pak Irman?” Dan mereka menjawab “iya dengan gelengan kepala mereka” apa yang terjadi? Pastinya anda berfikir “ohh,,, berarti bukan, sementara mereka jelas menjawab “iya”.

Begitu juga dengan sebutan yang beda namun artinya sama, ini juga dapat terjadi miss communication. Maka dengan itu, komunikasi antar budaya sangat penting dipelajari guna tidak terjadi salah paham antara kedua individu. Dalam organisasi jelas terdapat individu yang berbeda budaya dengan anda, maka dengan mengetahuinya, anda sudah pasti mudah dalam berkomunikasi dengan mereka. Itulah pentingnya komunikasi antar budaya dalam sebuah organisasi.

0 Response to "Pentingnya Komunikasi Antar Budaya Dalam Organisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel