Bedakan Komunikasi dengan Komunikasi Politik

Irman fsp – Dalam artikel kali ini kami hanya memberi pandangan serta pemahaman proses penyampaian informasi. Baik itu komunikasi maupun komunikasi politik. Komunikasi pada dasarnya interaksi kita dengan masyarakat, kelompok masyarakat, bahkan personal lainnya. Begitu juga dengan komunikasi politik. Yang membedakan komunikasi dengan komunikasi politik hanya tujuan dari apa yang disampaikan komunikator (pusat informasi) kepada komunikan (penerima informasi).

komunikasi politik
Perbedaan komunikasi dan komunikasi politik

Mengapa kami menyajikan informasi ini? Penting Anda ketahui serta dipahami karena di Indonesia khususnya Aceh akan menghadapai pemilu kada. Maka dengan itu, dengan adanya artikel yang kami bagikan ini, dapat menjadi pedoman bagi Anda dalam menanggapi proses komunikasi itu sendiri.

Komunikasi politik sangat impossible tanpa ada tujuan dalam proses penyampaian informasi. Terlepas dari apa tujuan komunikasi itu sendiri. Ini tentu ada tujuan dan harapan apa saja yang sudah disampaikan atau pada saat berorasi dihadapan masyarakat ramai (komunikasi publik) dan juga secara personal. Komunikasi politik biasanya digunakan pada saat menjelang pemilu saja, dan ada juga pada saat membangun relasi dengan tujuan politik.


Nah, bila hanya berkomunikasi tanpa ada politiknya, maka dapat dikatakan komunikasi non politik. Artinya komunikasi yang disampaikan tanpa ada tujuan politik. Komunikasi yang akan berjalan tanpa politik biasanya hanya sebatas basa basi bahkan berdiskusi. Komunikasi ini pula tanpa ada tujuan kekuasaan dalam kontek politik.

Harus dapat Anda pahami, supaya tidak menjadi kesalahpahaman dalam menanggapi informasi yang ada. Dan ini sangat penting untuk Anda pelajari guna mengetahui yang mana komunikasi tanpa ada tujuan kekuasaan atau kepentingan serta komunikasi dalam membangun tujuan politik itu sendiri.

Demikian informasi perbedaan komunikasi dengan komunikasi politik yang dapat kami sampaikan. Ini hanya sebatas pemahaman dasar supaya dapat memilah milah informasi yang Anda dapatkan dari komunikator itu sendiri. Semoga bermanfaat dan berguna.

0 Response to "Bedakan Komunikasi dengan Komunikasi Politik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel