Dampak Positif dan Negatif Komunikasi Berantai

Irman fsp | Komunikasi berantai merupakan informasi yang disampaikan secara berantai. Artinya, pesan yang disampai oleh komunikator kepada komunikan atau penerima pesan merupakan cara yang bertahap dilakukan oleh komunikator yang bergantian. Berbicara dampak komunikasi berantai, sebenarnya tentu sangat jelas sekali bila pesan yang disampaikan itu tidak sampai secara sempurna.

Untuk pengertian komunikasi berantai, dapat anda baca pada artikel sebelumnya. Karena informasi ini sudah saya jelaskan terkait dengan pengertian. Namun, pada artikel kali ini, saya paparkan dampak dari komunikasi berantai itu sendiri. Baik itu secara positif maupun dampak negatif. Komunikasi berantai ini sering dilakukan, namun karena belum mengerti dari maksud yang dilakukan. Maka, tidak tahu komunikasi apa yang sedang dilakukan.

Contoh komunikasi berantai

Contoh Komunikasi (pesan) berantai
Sebagai contoh komunikasi atau pesan berantai dapat dilakukan oleh semua kalangan. Biasanya dalam perusahaan atau organisasi juga sering dilakukan seperti sikap kebijakan ketua atau pimpinan perusahaan kepada bawahannya. Tugas pimpinan memberi perintah atau kebijakan dengan cara berkomunikasi antara dua atau lebih. Maka, pesan yang disampaikan itu, harus disampaikan kepada anggota lainnya.

Cara ini juga dapat anda lakukan untuk menyempaikan suatuhal. Sebagai contoh, anda perlu memberitahukan suatu informasi kepada si muhammad. Namun, pada saat kesempatan itu, orang tersebut tidak ada. Maka, tugas anda cukup memberi informasi kepada orang lain guna untuk menyempaikan pesan dari anda sendiri kepada si muhammad tadi.

Berikut ini informasi dampak negatif dan positif dari komunikasi berantai persembahan Irman fsp dapat anda ketahui di bawah ini:
Dampak Positif
Adapun dampak positif dari komunikasi berantai yang sangat jelas terjadi dalam kehidupan sosial sebagai berikut:
  1. Anda tidak harus menyampaikan informasi kepada khalayak secara langsung
  2. Cukup menyampaikan informasi kepada satu orang, dan informasi tersebut akan disampaikan oleh orang tersebut kepada orang lain lagi.
  3. Informasi dapat disampaikan secara rahasia.
  4. Anda bisa memposisikan diri sebagai atasan dalam hal menyampaikan informasi.
  5. Memberikan pemahaman kepada satu orang saja dengan tujuan pemahaman tersebut bisa sampai kepada orang lain.

Baca Juga: Maknai Dulu Informasi Yang Ada, Sebelum Terjadi Konflik

Mungkin masih banyak lagi dampak positif terkait dengan komunikasi berantai. Cara ini juga bisa menghematkan waktu anda sendiri dalam hal berkomunikasi. Bagaimana tidak, cukup memberi pemahaman pada satu orang. Dan tujuan anda akan disampaikan oleh orang yang sudah menjadi kepercayaan anda sendiri. Lalu bagaimana bila komunikasi yang anda sampaikan pada satu orang, dan tidak disampaikan kepada orang yang menjadi tujuan anda? Itulah yang menjadi dampak negatif dari komunikasi berantai.

Dampak Negatif
Lalu apa saja dampak negatif dari komunikasi berantai itu sendiri? Berikut penjelasannya.
  1. Pesan yang anda titipkan pada orang yang sudah anda percayai terkadang tidak sesuai disampaikan pada orang yang dimaksud.
  2. Mudah terjadi konflik komunikasi bila pemahaman informasi salah diartikan.
  3. Nada pesan yang anda sampaikan tentu jauh berbeda dengan nada pesan yang disampaikan kepada orang lain.
  4. Mudah berburuk sangka kepada komunikator pertama dalam hal komunikasi.
  5. Tujuan komunikasi terkadang tidak tepat sasaran sebagaimana tujuan awal.

Perlu anda ketahui, komunikasi berantai sebenar sangat efektif bila komunikan yang akan menjadi komunikator atau individu yang akan menyampaikan informasi sebagai pengganti anda dari komunikator pertama, bisa memberikan informasi yang sama kepada komunikan lainnya atau individu yang lain. Dan bila tidak, maka anda sebagai komunikator pertama tentu akan menerima dampak negatif terkait dengan pesan anda sendiri.

Untuk itu, dalam hal proses interaksi sangat diperlukan memahami maksud dari komunikasi efektif. Tujuannya adalah pesan yang anda sampaikan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada resiko dan juga dampak negatif dari komunikasi berantai itu sendiri. Maka, untuk menghindari konflik komunikasi saya rasa juga diperlukan dapat memahami pesan atau informasi secara efektif, agar tidak ada dampak buruk.

Komunikasi berantai sama halnya dengan komunikasi yang biasa dilakukan. Namun, komunikasi ini hanya menggunakan satu teknik dengan tujuan informasi (pesan) yang disampaikan berjalan sebagaimana diharapkan, tanpa harus menyampaikan sendiri. Hal ini cukup memberi pemahaman kepada satu orang saja.

2 Responses to "Dampak Positif dan Negatif Komunikasi Berantai"

  1. Sukses sekarang mas Irman, sudah ada iklannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe,, amin semoga ikut sukses seperti mas riyan. Namun, iklan itu masih kerja sama mas. Bukan punya sendiri itu.
      Terimakasih sudah mau ngopi disini hehehe..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel