Tuesday, 20 June 2017

Faktor Penyebab Anak Menjadi Malas Belajar

Irman fsp | Rasa malas belajar pada anak tentu menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan oleh keluarga. Sebagai orang tua tidak harus membiarkan anak untuk didik di sekolah dan juga tempat pengajian saja, melainkan juga perlu perhatian serta kasih sayang orang tua terhadap anak agar anak menjadi prioritas. Munculnya rasa malas belajar pada anak tentu menjadi masalah bagi keluarga terkait dengan cara Anda mendidik anak.

Memang banyak yang mengatakan kepandaian sangat didukung oleh giat belajar anak serta perhatian orang tua tentu menjadi motivasi anak untuk belajar membaca. Lalu bagaimana dengan anak yang malas belajar, apa faktor masalahnya? Inilah yang menjadi pembahasan dalam artikel irman fsp untuk Anda yang bingung mendidik anak.

Rasa malas belajar pada anak

Untuk itu, kami juga sudah merangkul beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak malas membaca dan belajar yakni di bawah ini:
  1. Perhatian orang tua
    Salah satu penyebab besar rasa malas belajar yang timbul pada anak bisa dikatakan kurangnya perhatian dari keluarga. Pada dasarnya, perhatian orang tua menjadi motivasi dan teguran secara tidak langsung untuk meningkatkan semangat belajar pada anak.
  2. Lingkungan rumah
    Hambatan yang terjadi pada anak yang menyebabkan timbulnya rasa malas belajar tentu dipengaruhi oleh lingkungan rumah. Hal ini tentu menjadi perhatian orang tua dalam memilih tempat tinggal agar lingkungan Anda bisa memotivasi anak dalam pembelajaran. Faktor lingkungan menjadi salah satu hambatan terbesar yang bisa menyebabkan anak malas belajar.
  3. Punya hambatan sendiri
    Tidak semua anak akan menjadi giat belajar hingga mendapatkan juara dalam kelas bahkan mendapatkan prestasi lainnya. Terkadang anak sudah diberikan dukungan penuh bahkan dukungan dari pihak lainnya, akan tetapi anak tersebut tetap menyimpan rasa malas dalam belajar yang merupakan pelajaran dia sendiri. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pada diri sendiri yang ada pada anak.
  4. Kurangnya fasilitas belajar
    Tidak bisa dipungkiri, bahwa ada anak yang penuh semangat dengan pembelajaran bahkan diapun sangat termotivasi dengan belajar. Akan tetapi bisa fasilitas pembelajaran bagi anak serba terbatas, maka hal ini akan menyebabkan timbul rasa malas dalam diri anak. Faktor ini juga merupakan salah satu penyebab anak bisa malas belajar.
  5. Kurang dukungan
    Tidak jauh berbeda dengan penjelasan poin nomor 4. Artinya anak butuh dukungan selain butuh fasilitas belajar. Nah, bagi anak yang penuh semangat dengan rasa ingin belajar akan tetapi dukungan baginya berkurang bahkan sengat sedikit, maka anak tersebut akan muncul sedikit sedikit rasa malas untuk belajar.

Nah, di atas merupakan faktor munculnya rasa malas belajar pada anak. Maka, bagi Anda yang ingin anaknya tumbuh semangat belajar, maka tugas Anda sebagai orang tua adalah memberi dukungan serta motivasi untuk anak agar rasa malas belajar pada anak bisa hilang. Dengan penyebab penyebab tersebut di atas, akan memudahkan Anda untuk mengatasi penyebab anak malas belajar.

Jadi, sebagai orang tua perlu perhatian penuh untuk anak agar malas belajar yang ada pada anak bisa hilang. Akan tetapi bagi Anda yang mempercayai anak cukup dengan dididik di sekolah tanpa memberikan perhatian serta dukungan, maka malas belajar pada anak akan muncul sedikit demi sedikit tanpa Anda sadari. Dan bisa ini terjadi, maka anak Anda akan menjadi anak yang gagal dalam pendidikan nantinya.


EmoticonEmoticon